Senin, 29 April 2013

YLKI

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia



Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merupakan sebuah organisasi masyarakat non pemerintah yang bersifatnirlaba dan independen yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1973. Keberadaan YLKI diarahkan pada usaha meningkatkan kepedulian konsumen atas hak dan kewajibannya dalam upaya melindungi dirinya sendiri, keluarga serta lingkungannya .
YLKI adalah lembaga yang bertujan untuk melindungi para konsumen terhadap penggunaan barang atau jasa yang dibutuhkannyadan usaha-usaha penipuan kualitas dan harga barang atau pelayanan yang jurang menyenangkan dari pihak produsen atau pedagang. Sebagai konsumen mempunyai hak atas barang dan jasa yang berkualitas dan kuantitannya sesuai dengan dijanjikan oleh produsen dapat dilihat dari label yang tercantum pada setiap barang.
Contoh Kasus :
Kasus penerbitan buku LKS yang beredar dikalangan siswa SD “ Istri Simpanan “. Banyak yang menduga adanya peluang terjadi konspirasi antara penerbit dan pihak sekolah. Ini sangat merugikan siswa-siswa yang seharusnya belajar dengan materi pendidikan bukan seperti kasus ini.
Tanggapan Saya :
Menurut saya ini bukan hanya tentang kerugian kepada pelajar yang seharusnya belum mempelajari bahasan tentang itu, tetapi juga sebagai penilaian bagaimana kinerja penerbit dalam mengaplikasikan kepada pelajar. Materi harusnya lebih bersifat objektif agar tidak terjadi penyalah aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar