Jumat, 01 November 2013

Tulisan 5


Lautan Indonesia merupakan Sumber Daya yang sangat besar

Dengan begitu luasnya lautan yang ada di Indonesia merupakan suatu keindahan tersendiri dan bisa dijadikan sumber daya yang sangat melimpah. Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, Indonesia mesti beralih mengandalkan sumber daya kelautan dan perikanan sebagai pilar ketahanan pangan di Tanah Air. Sektor kelautan dan perikanan semakin dapat diandalkan untuk mendukung ketahanan pangan, termasuk Indonesia.

            Apalagi, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dalam laporannya telah menyatakan bahwa produk perikanan merupakan sumber protein hewani yang universal, tidak menimbulkan penyakit, mencerdaskan dan menyehatkan. Selain itu, data FAO menyebutkan, sejak tahun 2011 untuk pertama kalinya produksi perikanan budidaya dunia, telah melampaui produksi daging sapi. Sebagaimana diketahui, produksi perikanan budidaya dunia pada tahun 2012 telah mencapai 66 juta ton, melebihi produksi daging sapi yang hanya 63 juta ton pada tahun yang sama.


            Ini menjadi dasar bahwa perikanan merupakan pilar untuk meningkatkan ketahanan pangan dunia. Untuk itu sebaiknya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong ahli ekonomi untuk berpaling kepada sumber daya kelautan dan perikanan demi pembangunan "food security" atau ketahanan pangan dunia di masa depan karena sekitar 70 persen produk perikanan terdapat di kawasan Asia Pasifik dan Indonesia merupakan yang terbesar.

            Di tengah kondisi perekonomian dunia yang masih belum menentu dan kurang menguntungkan, sektor kelautan dan perikanan masih bisa memberikan harapan untuk menambah pemasukan ekonomi yang cukup baik untuk di perhitungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar